Digital Storage

Pengertian Cloud Storage

Cloud Storage (komputasi awan) adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Kelebihan Cloud Storage

  1. Tidak Memakan Tempat

Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau hard disk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.

  1. Relatif Lebih Aman


Karena tidak disimpan secara fisik, data yang kamu miliki akan lebih aman karena hanya kamu pribadi yang bisa mengakses data tersebut. Tidak seperti media simpan fisik yang bisa digunakan secara bebas dan mungkin saja bisa disalahgunakan oleh pihak lain.

3.      Bisa Diakses Dimana Saja

Kamu tidak perlu lagi membawa hard disk eksternal kemana-mana karena semua data yang kamu miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat kamu membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Kamu juga bisa melakukan editing pada file yang kamu simpan.

  1. Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak

Kelebihan dari layanan cloud storage adalah, media penyimpanannya tidak mudah rusak. Karena penyedia layanan akan menjaga server mereka dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Jika memang terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah menyiapkan back-up data, yang disimpan di dalam server tersebut.

  1. File Tidak Akan Hilang Atau Rusak

Bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Karena kualitas serta keadaan file tersebut, akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

 

Kekurangan Cloud Storage

Selain kelebihan, tentunya menyimpan data via online juga memiliki kekurangan seperti:

1.      Harus Terkoneksi dengan Internet

Karena berbasis online, mau tidak mau kamu harus punya akses internet untuk mengakses data yang kamu simpan. Ditambah jika kamu ingin menggunakan data tersebut, kamu juga harus mengunduhnya terlebih dahulu. Terlebih untuk file dengan ukuran besar kamu akan membutuhkan bandwith yang cukup banyak dan tentunya waktu yang tidak sedikit untuk mengunduhnya.

2.      Situs Maintenance

Mungkin ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna Cloud Storage. Tentu jengkel rasanya saat kamu harus mengakses data yang kamu simpan via cloud namun ternyata situs yang kamu gunakan sedang mengalami perbaikan (maintenance) . Hal seperti ini memang sangat jarang terjadi, tapi tetap saja membuat pengguna kesal.

  1. Rentan Terhadap Peretasan

Hal yang paling ditakutkan oleh pengguna layanan cloud adalah, terjadinya peretasan dan pembobolan terhadap layanan tersebut. Karena peretasan seperti itu, dapat menimbulkan pembajakan terhadap file-file dan data yang kita simpan di layanan cloud.

 

Pada memori utama, terdapat tiga buah parameter unjuk kerja :

  1. Access Time. Bagi RAM, access time merupakan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi baca atau tulis. Bagi non RAM, access time adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan mekanisme baca tulis pada lokasi tertentu.
  2. Memory Cycle Time. Terdiri dari access time ditambah dengan waktu tambahan yang diperlukan transient agar hilang pada saluran signal atau untuk menghasilkan kembali data bila data ini dibaca secara destruktif.
  3. Transfer Rate.Transfer rate adalah kecepatan data agar dapat ditransfer ke unit memori atau ditransfer dari unit memori. Pada RAM, transfer rate = 1/(waktu siklus). Bagi non RAM terdapat hubungan

TN = TA + N / R 

TN = Waktu rata-rata untuk membaca atau menulis N bit.

TA = Waktus access rata-rata.

N  = Jumlah bit.

R  = Kec. transfer, dalam bit per detik (bps).

 

Pengertian Microsoft OneDrive

OneDrive (nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.

Kelebihan OneDrive

  1. Kapasitas penyimpanan free sebesar 5 GB yang dapat membuat penggunanya menyimpan file ataupun gambar tanpa perlu khawatir kapasitas penyimpanan yang tidak cukup.
  2. Microsoft menawarkan penambahan kapasitas secara berbayar hingga 1 TB.
  3. OneDrive sangat mudah dioperasikan. Desainnya yang simpel dan tidak rumit juga mempermudah pengguna non-IT.
  4. OneDrive dapat digunakan di setiap device seperti Windows, Android, MacOS, iOS, dan XBox One.
  5. Terintegrasi dengan office online.

Kekurangan OneDrive

  1. Sering terjadi error jika panjang path document lebih dari 256 karakter.
  2. Upload file OneDrive memerlukan waktu yang lama (sekitar 15 menit) dan terkadang terjadi error saat melakukan upload Hal ini dapat mengakibatkan pengguna merasa tidak nyaman saat menggunakan aplikasi OneDrive.
  3. Waktu sinkronisasi otomatis yang cukup lama.
  4. Manajemen dokumen onedrive di mac os yang masih terbatas.

Fitur OneDrive

 

https://id.wikipedia.org/wiki/OneDrive

http://agustinpratiwi18.blogspot.co.id/2017/06/cloud-computing-microsoft-onedrive_14.html

http://blog.bayultimate.web.id/?p=385

http://www.klikartikel.com/2015/03/memory-komputer.html

https://idcloudhost.com/mengenal-lebih-dekat-teknologi-cloud-storage/

https://www.teknosee.com/2016/06/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-storage-untuk-menyimpan-data.html

https://teknobos.com/plus-minus-menggunakan-penyimpanan-cloud/

Leave a Reply

Your email address will not be published.